Calon Bloggers

Minggu, 02 Mei 2021

Media sosial yang trend di kalangan masyarakat

   "Media sosial online adalah media online yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet.

   "Tujuan dari adanya social media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

Manfaat dari penggunaan media sosial sebagai berikut :

1. Mendapatkan informasi secara aktual
2. Mampu berkomunikasi secara real – time
3. Meningkatkan brand awareness
4. Meningkatkan trafik dan peringkat pencarian
5. Membangun relasi dengan cepat dan luas

Selain manfaat ada pula dampak positif dan negatifnya antara lain :

Dampak positif sosial media onlin :

1. Meningkatkan keuntungan dari penjualan produk
2. Meningkatkan kredibilitas perusahaan atau organisasi
3. Menjalin kerja sama bisnis secara luas


Dampak negatif sosial media onlin :

1. Memperkenalkan produk yang tidak sesuai (palsu)
2. Menyebarkan berita atau informasi hoax
3. Menimbulkan persaingan yang tidak sehat

Media sosial online yang trend dikalangan masyarakat adalah sebagai berikut :

1. Facebook
    "Situs jejaring sosial ini merupakan media yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Menurut sumber dari Wikipedia, pada tahun 2017 jumlah member dari Facebook telah mencapai 2.047.000.000 atau dua milyar empat puluh tujuh juta lebih pengguna.

Fitur fitur yang tersedia di Facebook :
  • News Feed.
  • Fitur Komunitas
  • Chats head and messenger
  • Notifikations
  • Dll
2. Instagram
Instagram merupakan salah satu social media paling populer, terutama bagi pengguna internet di Indonesia. Dengan total pengguna aktif mencapai 61 juta orang. Dengan rata – rata usia yang aktif menggunakan platform ini adalah berada di rentang 18 – 24 tahun.

Fitur fitur yang tersedia di Instagram :
  • Menyembunyikan status Online di Direct Message.
  • Mengabaikan komentar dan pesan dari pengguna tertentu.
  • Membuat folder untuk menyimpan posting.
  • Mengaktifkan pemberitahuan posting lewat fitur Turn On Notifications.
  • Melihat informasi singkat profil akun Instagram.

3. WhatsApp
   "Aplikasi yang satu ini banyak ditemukan di berbagai perangkat mobile yang anda gunakan. Karena, memiliki berbagai kemudahan dan dapat menggantikan peran dari fitur pengirim pesan SMS yang dulu sering digunakan.

Fitur fitur yang tersedia di WhatsApp
  • Advanced Search.
  • Disappearing Messages.
  • Storage Management.
  • Always Mute.
  • Group Video Call.

4. Twitter
   "Twitter juga termasuk ke dalam salah satu medsos yang paling sering digunakan di Indonesia dan dunia. Twitter terkenal dengan fitur thread -nya dimana anda dapat mem-posting berbagai hal untuk dilihat oleh teman, maupun user publik.

Fitur fitur yang tersedia di Twitter
  • Tag Teman.
  • Kolase Foto.
  • Bisa menggunakan gambar bergerak.
  • Tweet dengan SMS.
  • Gunakan tagar di bio profil.
  • Mengenang tweet lama di Twitter.
  • Grafik aktivitas di Twitter.
5. YouTube
   " Youtube merupakan salah satu platform penyedia layanan streaming dan video secara online. Namun, anda juga dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk mempromosikan produk atau jasa layanan anda.

Fitur fitur yang tersedia di YouTube

  • Pilih Video Yang Muncul Di Home.
  • Melompati durasi vidio.
  • Kelola Notifikasi Channel Langganan.
  • Lihat Video Yang Berhubungan Saat Menonton.
  • Mematikan Autoplay Video YouTube.
  • Ubah Kualitas Video YouTube di Aplikasi.

Sabtu, 01 Mei 2021

Cara Membuat Email di PC dan HP Android

   Gmail adalah layanan surel milik Google. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta.

Anda Tertarik bikin akun Google secara gratis atau mau bikin email di Google tapi tidak tau cara daftarnya, tenang saja ,kali ini saya akan berikan sedikit tips bagaimana cara buat akun email Google baik itu menggunakan PC atau komputer dan HP ANDROID yang akan saya ulas secara lengkap.

Anda bisa ikuti langkah-langkah cara membuat gmail di bawah ini :


Ada dua langkah yang akan saya terangkan :

1. Cara membuat gmail lewat pc/komputer 

Cara membuat akun email baru di Google dengan menggunakan PC ataupun laptop, yang anda perlukan untuk mendaftar GMail untuk pengguna baru hanya perlu mempersiapkan syarat minimum untuk membuat akun email gratis dari Google.

Syarat minimum daftar akun GMail Baru :

A. Alamat email (opsional).
   "Jika kamu telah memiliki akun email dari layanan penyedia email, silahkan gunakan sebagai alat untuk mensinkronisasi akun GMail yang baru akan kamu buat.

B. Nomor telepon aktif (Harus).
   "Nomor telepon ini akan kamu gunakan sebagai alat wajib untuk mendaftar GMail baru.

C. Jaringan internet harus stabil.

D. Perambah yang telah terinstal pada komputer/laptop anda.
   "Untuk brwoser ini kamu dapat menggunakan Google Chrome, Opera, Mozilla, dan lainnya.

   "Apabila anda sudah memiliki syarat minimum untuk mendaftar akun Google tersebut, dan langkah yang harus anda lakukan dalam membuat GMail baru lewat komputer maupun laptop.

Di Pc/komputer, Klik Browser anda.


Anda bisa Kunjungi www.gmail.com :
Langkah selanjutnya ikuti cara cara di bawah ini .

1. Klik ,Buat Akun Gmail.

2. Pada Name Ketik Nama depan anda di kotak 
First dan Nama belakang anda di kotak Last.

3. Pada Choose your username, Isi dan buat Nama pengguna yang akan kamu pakai sebagai ID email baru Google.

Contoh sebagai berikut : calonblogerr@gmail.com, silahkan ganti tulisan berwarna Merah dengan ID yang kamu inginkan.

4. Pada Create a password, silahkan Buat kata sandi yang mudah anda ingat.

5. Pada Confirm your password, silahkan Masukkan kembali kata sandi yang tadi anda buat.

6. Pada Birthday, Masukan bulan, tanggal dan tahun lahir anda.

7. Pada Gender, Pilih Jenis kelamin.

8. Pada Mobile phone. Masukan nomor telepon anda yang aktif.

9. Pada Your current email address, Masukan akun email yang telah anda miliki.

10. Pada Location, Pilih Negara tempat anda tinggal, silahkan pilih Indonesia.

11. Klik Next step.

12. Cek hp kamu dan catat kode verifikasi yang dikirim pihak Google lewat SMS dan masukkan di halaman verifikasi daftar GMail baru.

13. Jika kamu menggunakan akun email sebagai alat verifikasi, silahkan login email anda dan cek inbox yang di kirim oleh pihak Google lalu Klik tautan verifikasi.
Masukan nomor telepon kamu yang aktif.

2. Cara membuat gmail dengan Hp Android

Ada tiga langkah membuat email yang paling sering digunakan. Cara membuat email ketiga tersebut adalah:

1. Cara Membuat Email Baru di HP Android
2. Cara Membuat Email Gmail
3. Cara Membuat Email Perusahaan

  • Cara Membuat Email di HP Android
Anda juga bisa mengelola email perusahaan melalui perangkat Android. Di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatur email dengan domain sendiri menggunakan perangkat Gmail Android.

Sebelum memulai pengaturan email di perangkat Android, Anda sudah memiliki email dengan domain sendiri dan tentu saja perangkat Android. Jika belum memiliki email dengan domain sendiri, Anda bisa terlebih dahulu terlebih dahulu mengikuti panduan di poin sebelumnya.

Jika sudah punya email dengan domain sendiri, Anda bisa langsung menerapkan panduan di bawah ini:

1. Buka perangkat android Pengaturan> Tambahkan Akun . Pilih Lainnya yang ada pada daftar aplikasi email untuk menambahkan email Anda

Lihat gambar dsini : gambar 1

2. Masukkan alamat email Anda dan klik Next .

Lihat gambar dsini : gambar 2

3. Pilih jenis dari server yang masuk yang ingin Anda gunakan, apakah itu POP3 atau IMAP.

Lihat gambar dsini : gambar 3

4. Masukkan password email Anda.

Lihat gambar dsini : gambar 4

5. Cek kembali pengaturan server masuk seperti tampilan berikut.

Lihat gambar dsini : gambar 5

Username - Alamat email Anda.
Sandi - Sandi akun email Anda.
Server - menggunakan domainanda.com atau mail.namadomain.com. Untuk memastikan, silakan hubungi layanan hosting Anda.
Port - Untuk contoh kami menggunakan port 993, hal ini tergantng dari layanan hosting Anda. Namun, untuk port default POP3 dan IMAP adalah 110 POP3 tanpa SSL, 143 IMAP tanpa SSL, 993 IMAP dengan SSL, atau 995 POP3 dengan SSL.

6. Setelah semua detail berhasil terisi, klik Next .

Lihat gambar dsini : gambar 6

7. Selanjutnya Anda akan datang untuk mengisi detail untuk Server keluar. Detail pada server keluar sebaiknya diisi seperti detail pada server masuk. Untuk port, isi dengan 587 dan Security type pilih SSL / TLS (Accept all certificate).

8. Klik next dan proses membuat email di perangkat Android selesai.

Sekian ulasan mengenai Membuat Email Baru di Gmail semoga bermanfaat !!

Rabu, 28 April 2021

Cara Cepat Membangun Blog Baru from zero to Hero untuk Blogger Pemula"

Membuat blog itu tidaklah sulit, Anda bisa mulai dari yang gratisan terlebih dahulu. Misalnya menggunakan platform Blogger.com, WordPress.com, Medium atau Tumblr.
Inti dari blogging adalah menulis, jadi selama Anda bisa menumpahkan pikiran Anda ke dalam bentuk tulisan secara rutin – tak peduli di manapun platformnya, Anda sudah bisa disebut sebagai seorang blogger.

Tapi jika Anda berniat menjadikan blogger sebagai profesi. Anda butuh lebih dari sekadar menulis, karena Anda harus mendapatkan pemasukan dari sana, betul bukan? Anda harus bisa menjadikan blog sebagai aset dan tulisan sebagai produk yang dijual kepada pengunjung. Kemudian memonetisasi lalu lintas pengunjung tersebut menjadi pendapatan.

Proses untuk sampai ke “mendapatkan uang dari blog” sangatlah panjang dan berliku. Sebelum sampai ke sana, Anda wajib mengetahui apa saja yang dibutuhkan, cara kerjanya, bagaimana memulai, dan apa yang harus dilakukan setelah blog pertama Anda jadi.

Apa itu Blog?

Sebelum masuk ke pokok bahasan, ada baiknya kita bahas sedikit apa sih blog sebenarnya.
blog adalah wadah untuk menyebarkan berbagai informasi berupa tulisan yang meliputi opini, jurnal, analisis data digital, statistik dan tulisan lainnya ke dunia maya secara luas dan berkesinambungan. Cakupan kontennya tidak terbatas, bisa berupa teks, gambar, video maupun format grafis yang rumit sekalipun. Artikel-artikel yang diterbitkan akan dibaca dan dinikmati pengunjung sehingga terjadilah pertukaran informasi secara digital yang murah dan mudah. Blog bisa diakses dari ponsel menggunakan koneksi data. Blog umumnya bersifat gratis, terbuka dan mencakup relung topik spesifik hingga umum.

Selanjutnya Apa?

Setelah blog saya jadi, apa sih langkah selanjutnya agar blog dibanjiri traffic (pengunjung), dikenal atau dibaca dan mendatangkan pemasukan bagi yang ingin mengarah ke tahap ini nantinya?

Pertama-tama, hilangkan dulu pemikiran Anda soal uang. Sebab, untuk sampai ke sana, ada proses panjang yang tidak hanya butuh tenaga, tapi juga totalitas pengorbanan, mulai dari waktu, pikiran, dan juga uang (setidaknya jika menggunakan hosting pribadi).

Fokus dulu pada target-target jangka pendek, di antaranya menuntaskan 20 dari 21 langkah lanjutan setelah blog Anda mengudara di dunia maya. Selesaikan satu per satu, baru kemudian Anda boleh bicara soal monetisasi.

Lengkapi Navigasi Blog
Terlepas dari platform apa yang Anda pergunakan, navigasi adalah elemen paling penting. Navigasi terdiri dari menu-menu yang wajib ada di sebuah blog. Antara lain, halaman profil blog, syarat dan ketentuan pengguna, kontak, kebijakan privasi dan kategori-kategori yang nantinya berisikan kumpulan artikel dengan topik tertentu.

Mengapa navigasi yang baik penting bagi blog?

Ada beberapa alasan:

Navigasi yang baik meningkatkan durasi kunjungan dan menekan angka bounce rate. Bounce rate ini semacam tolak ukur berapa persentase pengguna yang masuk ke blog kemudian langsung keluar tanpa mengklik tautan berikutnya. Dan biasanya relatif dalam hitungan detik.

Navigasi yang baik juga membantu pengunjung untuk memahami hirarki blog, membedakan isi dan menemukan apa yang mereka butuhkan.

Efek posisi juga penting, karena dalam pendekatan Serial Position Effect, orang justru kurang memperhatikan bagian tubuh dari sebuah halaman web. Melainkan lebih memperhatikan dan mempertahankan informasi yang muncul di awal dan akhir. Navigasi akan menjadi tujuan pertama saat pengunjung butuh informasi secara spesifik.

Tulislah Artikel Pertama
Kalau di WordPress, Anda akan menjumpai sebuah tulisan bawaan yang diberi judul Hello World!. Saat blog pertama Anda jadi, sebaiknya hapus posting-an itu dan ganti dengan tulisan pertama Anda. Untuk permulaan, Anda boleh memperkenalkan diri siapa Anda, kemudian blog akan bercerita tentang apa, mengapa membuat blog dan lain sebagainya. Meski terkesan sepele, percayalah suatu hari nanti tulisan sederhana ini akan terasa sangat berharga untuk dilupakan.

Perbaiki Tampilan
Banyak pengguna pemula terjebak pada stgima bahwa blog harus tampil cantik, banyak fitur, ada slider-nya, banyak warna, dipenuhi gambar-gambar, video di sidebar dan sebagainya. Padahal, hal-hal semacam itu tidak serta merta membuat pengunjung merasa nyaman. Yang terpenting sebenarnya bagaimana agar blog berjalan dengan cepat dan mulus di perangkat pengguna. Apalagi sekarang ini orang sudah mulai beranjak dari desktop ke mobile, fitur-fitur aneh seperti yang saya sebutkan di atas tadi tidak akan tampil semua di peramban mobile. Jika pun tampil, justru akan membuat loading halaman menjadi berat.

Itu sebabnya Google kini mulai memberikan peringkat yang lebih baik kepada situs yang memiliki loading lebih cepat dan yang memberikan dukungan kepada perangkat mobile.

Jadi, pasanglah tema yang sederhana dan responsive tapi tetap menarik untuk dipandang. Kurangi elemen-elemen penghias yang tidak penting. Fokus pada kecepatan, kemudahan akses dan navigasi. Untuk memeriksa seberapa cepat blog Anda, silahkan tes di tautan ini atau ini.

Pasang Plugin Seperlunya
Jika Anda memilih menggunakan domain dan hosting berbayar, dan cms pilihannya adalah WordPress, langkah ini wajib dilakukan. Adapun plugin yang saya sarankan, antara lain:

AIO SEO Plugin: Gunanya untuk memanipulasi titletag, deskripsi artikel, keyword, dan lain sebagainya.

Google XML Sitemap: Plugin yang membantu membuat halaman sitemap untuk didaftarkan ke Google Search Console (ini diperlukan di tahapan berikutnya).

W3 Total Cache: Membantu mempercepat loadingblog.

Jetpack: Berisikan kumpulan plugin multi fungsi, ada untuk statistik, ikon media sosial, tombol berbagi, dan lain-lain.

Akismet: Plugin yang membantu menyaring komentar spam.

iThemes Security: jika takut dengan serangan hacker, plugin bisa membantu mengamankan blog.

Logo dan Favicon
Yang tak kalah penting buatlah logo untuk headerblog Anda. Seperti apa bentuknya, bebas. Saya serahkan bagaimana rupa desain logo kepada Anda, silahkan bikin sesuai selera. Jika kesulitan, Anda juga boleh menyewa jasa seseorang yang mempunyai kemampuan untuk membuat logo. Anda bisa membayar teman kuliah, kerja atau keluarga. Atau menemukan jasa desain di forum dan media sosial.

Buat Email Khusus
Berikutnya, buatlah akun email khusus yang terpisah dari akun pribadi Anda. Gunanya untuk apa? Banyak. Email ini nantinya bisa untuk mendaftar akun jejaring sosial yang akan jadi tahapan setelah ini, untuk kontak iklan di masa mendatang, dan lain-lain.

Buatlah Formulir Newsletter
Newsletter atau mailing list bisa menjadi aset yang berharga di masa mendatang. Selain sebagai sumber traffic loyal, mereka bisa menjadi ladang untuk menawarkan produk atau jasa di kemudian hari.

Untuk membuat formulir pendaftaran newsletter, Anda bisa menggunakan layanan Aweber, Mailchimp atau Getresponse.

Buatlah Fan Page dan Akun Media Sosial
Langkah berikutnya, buatlah fan page Facebook untuk blog Anda, kemudian buat juga akun Twitter dan YouTube. Fungsinya apa? Agar blog Anda semakin mudah dikenali, semakin mudah diingat dan tentu saja menjangkau pengunjung yang lebih luas.

Apakah Social Signal semacam ini bagus untuk SEO?

Google sudah menegaskan bahwa popularitas blog di media sosial tidak menjadi tolak ukur peringkat di mata mesin pencari. Tapi, tujuan dari eksistensi blog di media sosial adalah untuk membangun branding dan mengarahkan pengunjung yang valid. Jadi, jangan kaitkan jumlah like dan share di jejaring sosial dengan posisi blog Anda di mesin pencari.

Submit Blog ke Google Search Console atau Webmaster Tool
Google Search Console – dulunya Google Webmaster Tool adalah sebuah alat, dan jika Anda berniat menjadi seorang blogger yang serius, Anda harus mulai mengenal dan mempelajari dalamannya.

Dari perspektif SEO, Google Search Console adalah bodyguard sekaligus analis pribadi Anda, karena ia memberikan informasi yang lengkap tentang bagaimana fungsi situs Anda di mesin pencari Google, bagaimana jumlah tautan balik (backlink) dan efeknya, bagaimana keamanan blog, bagaimana reputasinya, jumlah indeks, dan lain-lain.

Daftarkan Situs ke Google Analytic
Layanan yang juga milik Google ini adalah alat untuk melacak dan mencatat lalu lintas di blog Anda, meliputi jumlah kunjungan unik, jumlah pageview, demografi pengunjung, tulisan paling populer, dan perilaku lain misalnya berapa lama pengunjung membaca blog Anda, berapa yang langsung keluar (bouncerate) dan indikator lainnya. Informasi-informasi ini penting karena dengannya Anda dapat menganalisa masalah dan membuat keputusan-keputusan terkait editorial dan lain sebagainya.

Bagikan Tautan Blog ke Media Sosial Pribadi dan Blog
Selanjutnya, setelah langkah-langkah di atas Anda lewati. Sekarang, saatnya memperkenalkan blog ke teman dan kolega. Bagikan tautan halaman utama ke akun jejaring sosial Anda, atau boleh juga sekalian tautan tulisan pertama yang sudah Anda buat di salah satu langkah di atas tadi. Tujuannya agar orang mulai mengenali blog, dengan harapan nantinya menjadi pembaca setia.

Mempelajari Riset Kata Kunci
Tahap berikutnya, pelajari secara bertahap bagaimana cara menemukan topik yang sedang populer dan bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Menganalisa kata kunci yang populer sama saja dengan mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Anda tentu tak ingin kan, capek-capek menulis artikel ribuan kata, tapi ternyata yang mencari hanya segelintir orang? Supaya itu tidak terjadi, Anda harus mengetahui dulu kata kunci apa yang paling banyak dicari di mesin pencari.


Pelajari Apa itu SEO
Tahapan ini sangat penting karena akan menjadi pondasi pemahaman Anda terkait Search Engine Optimization. Tak perlu buru-buru, pelajari dahulu yang menurut Anda paling mudah dipahami. Misalnya, pemahaman soal SEO on page. Soal bagaimana agar tulisan ramah bagi mesin pencari dan tidak membuat pengunjung bosan. 


Tulis Artikel Kedua
Setelah paham cara riset kata kunci dan bagaimana artikel yang SEO Friendly, sekarang saatnya menulis artikel kedua dan seterusnya. Untuk masalah ini, saya tidak ingin membebani Anda dengan keharusan menulis setiap hari. Yang terpenting adalah kualitas tulisan. Jika Anda ingin menang dalam persaingan, artikel tulisan Anda harus menawarkan nilai yang lebih dari artikel blogger lain.

Rekomendasi terbaik saat ini minimal 1000 kata dengan ulasan yang mendalam.

Semoga bermanfaat !!

Selasa, 27 April 2021

cara dan manfaat menggunakan Google search console

 "Di postingan sebelumnya sudah saya jelaskan ,Apa Itu Google Search Console?
Google Search Console dikenal sebagai Google Webmaster Tools, Google search console adalah platform gratis bagi para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google.
Google Search Console memungkinkan Anda untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website Anda (referring domain), kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis halaman website dengan trafik tertinggi.

Berikut cara dan manfaat yang Anda peroleh dari Google Search Console:



Berikut ini 7 langkah menambahkan wesbite ke Google Search Console:

1. Login Akun Google.
2. Buka Webmaster Tools.
3. Klik Add Property.
4. Pilih “Website”.
5. Pilih “Website” dari menu drop-down dan masukkan URL website Anda. Pastikan Anda menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.
6. Klik “Continue”.
7. Pilih Cara Verifikasi.

Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website, dari upload file HTML, penyedia nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu yang Anda inginkan.
Tambahkan Domain Secara Terpisah.
Jika website Anda sudah mendukung versi http:// dan https://, tambahkan keduanya secara terpisah.

Setelah berhasil menambahkan website Anda di Google Search Console dan memverifikasinya, kini saatnya Anda mulai menggunakan Google Search Console. Berikut adalah panduan cara menggunakan Google Search Console:

Sebelum mulai menggunakan Google Search Console, sebaiknya Anda memahami beberapa istilah penting di tool ini.

        Impression

Setiap link URL muncul di hasil pencarian disebut sebagai impression. Impression adalah total munculnya sebuah link URL di hasil pencarian. Meskipun link URL tersebut tidak diklik atau bahkan tidak dilihat oleh para pencari, tetap disebut impression.
Click
Ketika pengguna mengklik satu link dan keluar dari hasil pencarian Google, itu dianggap sebagai satu klik. Jika pengguna mengklik satu link lalu menekan tombol “Kembali” dan mengklik link yang sama, tetap disebut sebagai satu klik.

Click Through Rate (CTR)
CTR adalah Click dibagi Impression kemudian dikali 100. Jika link Anda muncul 20 kali di hasil pencarian dan mendapatkan klik sebanyak 10 klik, CTR-nya adalah 50 persen.

      Tentukan Negara Target

Jika website Anda menargetkan audiens di negara tertentu, Anda bisa menginstruksikan Google untuk menargetkan negara yang Anda pilih. Caranya adalah dengan membuka Google Search Console versi lama dan pilih menu “Search Traffic” dan klik sub menu “International Targeting”.

Pilih tab “Country” lalu tentukan negara mana yang ingin Anda targetkan. Memilih satu negara target bukan berarti website Anda tidak akan muncul di hasil pencarian negara-negara lainnya. Jika website Anda masih relevan di negara lain, tentu Google akan tetap menampilkannya.

Menetapkan satu negara target akan membantu Google untuk memahami target audiens utama Anda. Dengan begitu Google akan memberikan website Anda prioritas lebih banyak di negara target yang Anda tetapkan.

    Menambahkan XML Sitemap

XML Sitemap berguna untuk memberi informasi kepada mesin pencari mengenai semua halaman yang ada di website. XML Sitemap juga berfungsi untuk memberi tahu mesin pencari link mana di website Anda yang lebih penting dari link lainnya.

Menambahkan XML Sitemap ke website membantu mesin pencari untuk melakukan crawling di website Anda. Meskipun tidak secara langsung meningkatkan peringkat di hasil pencarian, penambahan XML Sitemap membantu mesin pencari untuk mengindeks konten di website Anda secara efisien.

Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO atau Google XML Sitemap. Ingat, pilih salah satu saja. Sebab menggunakan keduanya secara bersamaan akan membuat XML Sitemap Anda error.

     Submit Sitemap

Anda bisa menambahkan sitemap melalui Google Search Console. Sitemap berfungsi untuk membantu Google melakukan crawl di website Anda sehingga Google bisa mengidentifikasi website Anda lebih cepat.



1. Meningkatkan Kinerja Website di Perangkat Mobile

Sebanyak 94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Itulah mengapa Google memprioritaskan website-website yang mobile friendly untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil pencarian.

Google Search Console memungkinkan Anda untuk mengecek kinerja website di perangkat mobile melalui fitur The Mobile Usability. Jika Google Search Console menunjukkan error, Anda perlu memperbaikinya segera karena berpengaruh terhadap ranking di hasil pencarian. Klik laporan “Error” dan identifikasi masalah apa yang menyebabkan error tersebut. Google Search Console akan memberikan saran langkah apa yang perlu diambil untuk memperbaiki error tersebut.


Umumnya error yang terjadi di Mobile Usability disebabkan oleh tema yang tidak dikode dengan baik atau plugin error. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati ketika memasang tema WordPress.



2. Manfaatkan Fetch as Google

Fetch as Google memungkinkan Anda mengetahui bagaimana Google melakukan crawling atau merender URL di website Anda. Anda bisa mengecek apakah Googlebot dapat mengakses website Anda dan mengetahui apakah ada gambar atau konten yang diblokir oleh Googlebot.

Untuk mengakses fitur ini, Anda bisa membuka Google Search Console versi lama dan pilih menu Crawl > Fetch as Google. Di versi terbaru, Anda bisa membukanya melalui menu Index > Coverage lalu klik URL yang ingin Anda periksa.

Apa yang Anda cari di Fetch as Google,Informasi paling penting yang perlu Anda dapatkan adalah kode respon yang diberikan. Jika kode respon yang diberikan adalah 200, halaman tersebut berarti baik-baik saja. Kemudian periksa juga waktu yang diperlukan Googlebot untuk mengunduh halaman Anda. Jika waktu unduh melebihi 1.5 detik, artinya Googlebot mengalami kesulitan melakukan crawling di website Anda.

3. Menghapus URL dari Hasil Pencarian

Setelah rajin update blog selama lebih dari setahun, mungkin ada beberapa konten yang ingin Anda hapus. Sayangnya menghapus konten yang sudah terindeks oleh Google agak rumit. Anda harus menghapus URL tersebut dari indeks Google melalui Google Search Console.

4. Meningkatkan Kualitas Internal Link

Selain backlink, internal link juga penting untuk meningkatkan kualitas SEO Anda. Internal link membantu mesin pencari untuk memahami konteks dan hubungan antar halaman di website Anda. Mesin pencari juga bisa mendeteksi halaman mana di website Anda yang paling penting melalui internal link.


Google Search Console dapat membantu meningkatkan kualitas internal link website Anda. Klik menu Links > Internal Link. Anda akan mendapatkan laporan mengenai halaman website mana saja yang mendapatkan link dari halaman lainnya. Periksa halaman mana yang sudah mendapatkan banyak link dan mana yang masih memerlukan internal link tambahan.

5. Temukan Keyword Populer untuk Bisnis Anda

Pengunjung menemukan website Anda melalui bermacam-macam kata kunci. Google Search Console membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan orang untuk menemukan website Anda.

Tool ini akan memberi informasi mengenai total munculnya website Anda di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu (impression) dan berapa kali website Anda diklik dari hasil pencarian tersebut (click through rate). Dengan begitu Anda bisa mengetahui mana kata kunci yang paling efektif dan kurang efektif untuk SEO website Anda.

6. Identifikasi Halaman Paling Populer

Setiap website memiliki halaman yang lebih populer dari halaman lainnya di hasil pencarian. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengidentifikasi halaman website mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Anda bisa mengurutkan halaman website berdasarkan impression atau click through rate (CTR).

7. Identifikasi Perangkat Apa yang Digunakan Pengunjung

Selain mendapatkan informasi lokasi, Anda juga bisa memperoleh data perangkat apa yang digunakan pengunjung website Anda. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda, apakah kebanyakan menggunakan perangkat desktop atau perangkat mobile.
Cari Tahu Backlink ke Website Anda
Backlink adalah salah satu indikator penting dalam menentukan ranking website di hasil pencarian. Bagi siapa pun yang berkecimpung di ranah SEO, fitur satu ini cukup penting untuk Anda ketahui, yaitu Links to Your Site.

Fitur tersebut akan membantu Anda untuk mengidentifikasi website yang menyumbang backlink ke website Anda. Google Search Console juga menyediakan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink beserta anchor text apa yang paling sering digunakan.

8. Periksa Broken Link

Selain identifikasi backlink, Anda juga dapat memeriksa broken link atau link yang rusak di website Anda melalui Google Search Console. Inspeksi broken link penting dilakukan agar Anda bisa memperbaiki kualitas pengalaman pengunjung di website Anda. Jadi Anda bisa langsung memperbaiki tautan-tautan yang rusak sehingga pengunjung tidak akan diarahkan ke halaman yang salah atau tidak ada.

Sekian ulasan mengenai cara menggunakan Google search console selamat mencoba, console semoga bermanfaat !

Cara membuat Artikel yang Baik dan Berkualitas 2021

Cara membuat Artikel yang Baik dan Berkualitas


"Artikel adalah suatu karya tulis dengan panjang tertentu yang berisi gagasan atau fakta yang dapat membujuk, meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembacanya, serta dipublikasikan ke suatu media (buletin, majalah, koran, website, media sosial, dan lainnya). Pada dasarnya artikel bukanlah sesuatu yang baru, tapi masih banyak yang bingung mengenai apa pengertian artikel.

Apa Itu Artikel Berkualitas ?

Artikel yang berkualitas adalah salah satu kunci utama dalam menarik para pembaca, semakin jelas tulisan yang Anda tulis semakin banyak minat para pengunjung.

Ciri Ciri Artikel Yang Berkualitas Untuk Blog Itu Bagaimana?

A. Artikel Lolos copy paste dan Unik

Semakin hari teknologi search engine semakin canggih dalam menentukan kualitas sebuah artikel. Dimana secara garis besar algoritma mesin pencari menentukan artikel berkualitas itu di ukur dari experience.  Faktor user experience yaitu melihat  bagaimana reaksi pembaca ketika membaca artikel Anda. Rekaman jejak pembaca seperti berapa lama artikel Anda dibaca, berapa page web Anda dibuka, kemana selanjutnya user membaca merupakan masukan bagi bot search engine. Ini menurut informasi yang di jelaskan oleh beberapa blogger popular. Untuk kepastiannya kita tidak tahu, sebab masih banyak faktor lain yang menentukan.

Artikel yang berkualitas haruslah original dan bukan merupakan hasil copy paste dari artikel orang lain. Mengcopy artikel orang lain merupakan perbuatan yang tidak etis, seolah – olah kita tidak menghargai karya orang lain.

B. Artikel Mudah Dipahami

Artikel berkualitas selanjutnya haruslah memiliki ciri mudah untuk dibaca dan mudah untuk dipahami oleh para pembaca tulisan Anda. Maka dari itu sudah seharusnya artikel yang kita buat memperhatikan kesederhanaan, ditulis dengan penyampaian yang simple dan tidak bertele – tele. Untuk artikel yang terdiri dari ribuan kata haruslah berisi informasi penting semua yang ditulis dengan tata bahasa yang menarik.

Selain itu, artikel yang mudah untuk dipahami biasanya adalah artikel yang ditulis dengan gaya bahasa sederhana sehingga pembaca tidak pusing. Berbeda jika tulisan itu berbelit belit, pembaca akan merasa tak nyaman saat melanjutkan tulisan tersebut. Artikel berkualitas haruslah memperhatikan kenyamanan bagi para membacanya. Semakin mudah artikel anda dibaca maka semakin baik kualitasnya.

C. Artikel Dilengkapi Dengan Data Pendukung

Ciri – ciri artikel berkualitas selanjutnya adalah,artikel biasanya dilengkapi dengan data – data pendukung. Data pendukung bisa berupa gambar, grafik, sumber yang jelas dan data lain sebagainya. Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca. Nah salah satu syarat artikel yang berkualitas juga setidaknya memiliki unsur seperti ini.

Untuk mendapatkan respon yang baik dari para pembaca blog Anda maka buat atau pilihlah artikel yang lengkap dengan data seperti yang saya sebutkan di atas tadi. Dengan cara seperti ini pembaca akan merasa puas dengan apa yang Anda sajikan pada blog. Selain itu link yang merujuk pada sumber yang berkualitas dapat menambahkan kepercayaan bagi pembaca blog Anda.

Apalagi ide dan gagasan pada artikel didukung oleh data penelitian yang lengkap. Tentu pembaca menjadi lebih yakin lagi dengan ide dan gagasan yang disampaikan. Memang terkesan tidak mudah menemukan ciri – ciri artikel seperti ini.

D. Memberikan Manfaat Atau Solusi

Perusahaan – perusahaan besar mesin pencari di internet saat ini sangat mengedepankan kepuasan bagi para pengguna internet sehingga algoritma mereka akan di diperbaharui setiap waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Nah di sinilah celah nya ketika anda berkeinginan agar artikel anda bisa tampil nomor satu di mesin pencari yaitu buatlah artikel yang benar – benar memberikan manfaat untuk para pembaca blog Anda.

Jika Anda pemain Youtube tentu tahu apa itu audience retention dimana hal ini yang menunjukkan berapa lama video anda di tonton, bagaimana perilaku penonton pada video anda, apakah sering rewind, next pause dan sebagainya. Semakin baik audience retention video Anda maka semakin baik posisinya di Youtube.

Begitu juga dengan artikel pada blog Anda, algoritma mesin pencari bisa dengan mudah mengukur tingkat kepuasan pembaca artikel anda. Nah disinilah pentingnya mengapa artikel berkualitas harus memiliki ciri memberikan manfaat atau solusi untuk pembaca Anda.

E. Alur Tulisan Tersusun Dengan Baik

Ciri – ciri artikel berkualitas selanjutnya adalah alur tulisan direncanakan dan tersusun sangat baik. Sehingga pembaca bisa menemukan jalan cerita dalam sebuah artikel. Yaitu meliputi pembukaan, pembahasan dan penutup pada sebuah artikel. Artikel seperti ini lebih menarik untuk dibaca dan bisa menambah tingkat engagement pembaca Anda.

Semakin tinggi tingkat engagement pembaca maka skor kualitas artikel anda menjadi semakin baik di mata search engine. Selain itu artikel anda bisa mendapatkan share kembali ke media sosial oleh pembaca yang benar – benar tertarik dengan artikel yang anda sajikan. Jadi sangat banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita mau untuk selalu menyajikan artikel berkualitas pada blog kita.

Bagi Anda yang telah menggunakan jasa seorang penulis, pastikan bahwa syarat – syarat artikel berkualitas harus terpenuhi agar visitor blog Anda semakin meningkat secara terus menerus. Berilah saran pada penulis untuk membuat artikel yang tersusun sehingga enak dibaca dan memberikan pengalaman baik pada visitor Anda.

F. Judul Menarik Dan Relevan

Apa yang anda perhatikan ketika Anda melakukan pencarian artikel di Internet. Sebagian besar akan setuju yang diperhatikan pertama kali adalah judul artikel. Nah artikel yang menarik haruslah disertai dengan judul yang relevan. Karena orang akan melihat judul terlebih dahulu kemudian membaca isi nya. Jadi buatlah judul se menarik mungkin lalu sesuaikan dengan isinya.

Untuk membuat judul yang mantap memang ada beberapa tips nya, Anda bisa mencari informasi tambahan mengenai hal ini agar pengetahuan anda bisa bertambah. Judul yang menarik bisa memberikan efek luar biasa pada artikel Anda. Lagi pula, judul yang menarik akan mengundang klik lebih tinggi di hasil penelusuran dibanding kan dengan judul yang biasa – biasa saja.


Seperti Apa Contoh Artikel yang Baik dan Berkualitas Itu?

Apa artikel berkualitas itu harus memenuhi kaidah SEO? Tidak juga. Membuat artikel berkualitas tidak semata-mata fokus pada kata kunci tetapi konten keseluruhan. Tetapi kata kunci membantu konten Kita untuk memberi tahu search engine apa yang Kita buat sehingga dapat ditemukan.

Simak artikel ini agar Kamu memahami, paling tidak tahu contoh artikel yang mempunyai standar kualitas tinggi.

Ini dia beberapa hal yang perlu digarisbawahi penentu kualitas konten di sebuah blog yang juga menjadi penyebab sebuah blog menjadi berkualitas.

1. Membuat konten yang komprehensif, artinya mengandung informasi yang luas dan lengkap. Jangan salah, komprehensif tidak mesti panjang.

2. Ditujukan kepada pembaca tertarget, artinya memang mereka benar-benar membutuhkan artikel yang Kamu buat.

3. Artikel dibuat untuk menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pembaca, artinya masalah yang ada terselesaikan setelah membaca artikel tersebut.

4. Konten yang dibuat diusahakan merupakan satu niche (satu topik), artinya pembaca akan mudah mengetahui jika blog Kamu membahas satu lingkup topik yang mendalam, ini akan membuat pembaca datang kembali.

5. Artikel mempunyai manfaat bagi orang lain, artinya orang tesebut mendapatkan impact positif.

6. Memiliki unsur pendukung seperti grafik, desain visual, dan lainnya karena pembaca cenderung lebih tertarik melihat sebuah gambar visual dari pada tulisan.

7. Isi artikel update dalam waktu tertentu mengikuti perkembangan zaman sehingga konten tetap fresh.

8. Memiliki nilai rating dan share yang cukup tinggi, karena dirasa bermanfaat dan orang lain juga membutuhkannya.

Inti dari artikel berkualitas tinggi adalah sebagai berikut :

1. Membuat artikel yang baik dan kompehensif

2. Menerapkan kaidah seo yang tepat.

Jangan hanya mengandalkan seo saja yang mengulang dan memutar kata kunci utama dan turunan saja, tetapi tidak memiliki nilai dan membingungkan orang yang membacanya. Buatlah artikel yang mudah dan menarik untuk dibaca.

Dua hal ini tidak terpisahkan, ketika semua itu terpenuhi maka Google juga akan memberikan respon s positif.

Artikel yang komprehensif dianggap dapat menjawab pertanyaan pembaca, dan menggunakan kaidah seo merupakan langkah mengikuti algoritma google. Maka jadilah aritkel yang berkualitas SEO.

Menulis artikel berkualitas memang membutuhkan latihan, terus menulis dan kenali tulisanmu sendiri. Apa yang kurang dan lebih dari artikel yang Kamu tulis.

Semoga bermanfaat !!!

Senin, 26 April 2021

cara membuat blog yang menarik, untuk mendatangkan para pengunjung

cara membuat blog yang menarik, untuk mendatangkan para pengunjung


"Blog adalah sebuah aplikasi website yang berisi konten-konten tertentu, Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog (Sumber: Merriam Webster).

Dari sumber lain, blog didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain.

Jadi, apa itu blog ?

Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama). Nah, jadi apa itu blog?dari beberapa sumber yang saya baca.


Untuk yang akan saya jelaskan saat ini yaitu cara membuat blog atau website yang menarik, ada beberapa hal yang harus anda ketahui untuk membuat blog yang menarik para pengunjung Blog diantaranya adalah :

1. MEMILIH TEMPLATE BLOG.

Untuk memilih template, Template bagi saya menjadi komponen utama dalam membuat Blog supaya lebih menarik. Bagaimanapun tampilan merupakan kesan pertama yang dilihat orang ketika berkunjung kemari. Oleh karena itu, saya memilih tampilan yang nyaman dipandang mata. Jadi, bagaimana cara memilih template yang baik untuk blog ?


2. MEMILIH COLOR THEME.

Pada peralatan digital penggunaan warna yang terlalu rame justru membuat mata kita cepat lelah. Apalagi dibarengi dengan artikel panjang yang harus dibaca, Oleh sebab itu, dalam memilih warna untuk Blog, gunakan maksimal 3 warna saja. Warna untuk Link, Untuk tulisan dan terakhir background.

Dan seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, manfaatkan warna putih untuk background Blog, karena bisa mengurangi kelelahan saat membaca.


3. MEMASANG MENU.

Untuk memasang menu biar keliatan lebih menarik ini perlu anda perhatikan, Dalam Blog, menu navigasi itu ibarat peta yang mengantarkan pembaca pada topik artikel yang kita tawarkan, maka tanpa disadari dia bisa saja tertarik untuk mengklik tautan dan membacanya. Nah ,hal ini bisa membantu kita dalam hal mengelompokkan topik postingan. Dengan begitu Blog lebih rapi dan terorganisir dengan baik.

4. MEMASANG WIDGET.

Nah untuk pemasangan widget tentunya anda harus lebih hati-hati jangan semua widget yang anda pasang di anggap penting dan anda pasang begitu saja ,Ada sebagian Widget yang memang penting dan harus dipasang. Fungsinya ? Tentu saja sebagai ruang informasi tambahan.

Beberapa widget yang harus anda pasang adalah :

A. Search Bar
B. Popular Post/Recent Post
C. About Me
D. Follower

5. KONTEN BLOG.

Nah, hal yang satu ini yang bikin para bloggers kadang kesulitan untuk mencari konten blog yang menarik yang bisa mendatangkan para pengunjung blog, Konten merupakan unsur utama yang paling dicari orang lain.

Sebenarnya tampilan dan konten ini merupakan 2 hal yang tak bisa dipisahkan. Dua-duanya memiliki peranan dalam memajukan Blog kita. Konten merupakan informasi yang memang paling sering dicari di SERP. Jika kita bisa memaksimalkan kedua hal ini secara bersamaan, tentu trafik akan berdatangan dengan sendirinya.

Setidaknya ada 10 jenis konten yang bisa kita manfaatkan. Di postingan selanjutnya nanti kita bahas, Jangan lupa, rajin-rajinlah membuat konten evergreen. Konten jenis ini bisa menjadi sumber utama trafik dan bisa menopang keberadaan artikel lainnya.

6. SOCIAL MEDIA SHARE.

Pada dasarnya membagikan link melalu copas url juga bisa, tanpa harus mengklik tombol, Tapi tombol berbagi memudahkan para pembaca untuk langsung mengklik dan membagikannya ke orang lain.

7. RELATED POST.

Related Post adalah kumpulan artikel yang memiliki tema serupa dengan artikel yang sedang dibahas. Lokasinya bisa ditempatkan di bawah postingan langsung, atau di sidebar.

Kegunaan Related Post di antaranya bisa mengurangi Bounce Rate, menambahkan engagement kepada pembaca, menaikkan pageview, impression bahkan memungkinkan menaikkan pendapatan Adsense kamu.

8. OPTIMASI IMAGE.

Membahas tentang Blogging tak hanya tentang tema tulisannya saja, tapi juga strategi. Salah satunya memaksimalkan fungsi image pada artikel kita. Ada ada beberapa tips tentang optimasi image yang nantinya kita akan bahas di postingan selanjutnya,di dalam artikel tersebut kalian juga bisa mendapatkan informasi tentang bagaimana cara mengurangi ukuran file gambar, berapa idealnya jumlah image dalam satu postingan, bahkan tentang alasan kenapa alt image itu penting dilakukan.

9. STRUKTUR BLOG.
Pada Umumnya Blog memiliki perangkat struktur seperti di bawah ini :

A. Header :
Menampilkan nama Blog dan dan deskripsi kamu. Bisa juga logo ataupun motto Blog yang kalian miliki.

B. Menu Navigasi :
Tempat di mana kategori maupun pengelompokan artikel diletakkan.

C. Blogpost area :
Area di mana artikel/konten Blog kamu berada. Jangan lupa untuk menampilkan sosial media share di bawahnya.

D. Sidebar :
Menyuguhkan tentang informasi pemilik Blog, Kategori yang dimiliki, dan widget lainnya.

E. Footer :
Biasanya berfungsi sebagai tempat atribusi, informasi tambahan lainnya seputar Blog kamu.

Untuk peletakan sidebar itu juga bisa mempengaruhi performa Blog kita , sekian dulu ulasan untuk cara membuat blog yang menarik, untuk mendatangkan para pengunjung semoga bermanfaat !!