Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

11 Teknik SEO On-Page Untuk Peringkat Lebih Baik di Tahun 2021

11 Teknik SEO On-Page Untuk Peringkat Lebih Baik di Tahun 2021

Sebelum saya membagikan beberapa trik khusus, berikut adalah beberapa hal non-teknis yang dapat Anda terapkan hari ini :


  • Tingkatkan pengalaman pengguna.

  • Pastikan situs web Anda responsif dan tautan rusak dijaga seminimal mungkin.

  • Pastikan pembaca yang datang dari mesin pencari menghabiskan banyak waktu di situs Anda. Jika mereka menekan tombol kembali dengan cepat, peringkat Anda juga akan turun dengan cepat.

  • Pastikan situs Anda mempertahankan standar profesionalisme.

  • Gunakan teknik copywriting yang tepat untuk membuat orang bertahan.

  • Buat konten yang bagus.

  • Coba gunakan sub-judul berdasarkan manfaat agar lebih menarik.

  • Mencari umpan balik dan meningkatkan.


Jadi sekarang saya akan berbagi dengan Anda 11 faktor pengoptimalan halaman yang harus Anda ingat saat mengoptimalkan posting blog Anda.


1. Judul Meta

Ini adalah faktor SEO on-page yang paling penting. Alasannya adalah karena semakin menarik dan dioptimalkan judul Anda, semakin banyak orang yang akan mengklik. Dan secara umum, semakin banyak klik yang didapat postingan Anda, semakin tinggi peringkatnya.


Anda harus mencoba menggunakan kata kunci atau frase kata kunci yang ditargetkan di awal tag judul (H1), tetapi jika itu tidak memungkinkan, pastikan setidaknya ada di judul.


Anda juga tidak boleh mengulangi kata kunci yang sama lebih dari satu kali di tag judul karena menurut Anda itu akan membantu peringkat artikel lebih tinggi. Tidak akan. Itu benar-benar bisa merusak peringkat Anda. Jangan lakukan itu.


Dan pertahankan panjang judul di bawah 65 karakter.


2. Struktur Posting Permalink

Memastikan URL Anda ditampilkan dengan benar adalah metrik penting di halaman. Sekali lagi, Anda harus menggunakan kata kunci target Anda di URL, dan hindari menggunakan karakter khusus, simbol, tanda kurung, koma, dll. di dalam URL yang sebenarnya.


Gunakan tanda hubung untuk membedakan string dalam struktur URL Anda. Ini disebut permalink "cantik" dan didukung oleh sebagian besar browser web.


3. Gunakan Tag Judul yang Tepat

Anda harus menggunakan tag heading untuk menyorot berbagai heading, sub-judul, dan poin penting.


Di WordPress, tag judul diatur pada H1. Anda tidak benar-benar perlu menggunakan tag H1 lagi di mana pun di artikel. Satu sudah cukup. Untuk jeda bagian, tempelkan tag H2 dan H3.


Juga, jangan gunakan terlalu banyak tag H2 atau H3 karena algoritme Google tidak akan menyukainya.


Inilah yang dikatakan Matt Cutts dari Google tentang pengulangan tag heading.


jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat mengklik struktur konten di bagian atas untuk melihat apakah Anda menggunakan tag heading yang tepat atau tidak.


4. Gunakan Daftar Isi

Karena telah menjadi penting untuk menulis artikel yang terperinci, dan terkadang artikel tersebut sepanjang 5000+ kata.


Dengan menggunakan daftar isi, Anda dapat membantu pengguna menavigasi artikel panjang Anda dengan lebih baik, tetapi juga membantu Anda mendapatkan tautan lompat di penelusuran Google.


5. Kepadatan Kata Kunci

Anda harus menjaga kepadatan kata kunci sekitar 1,5% persen dengan campuran kata kunci LSI. Tetapi, tidak ada formula ajaib yang nyata. Rekomendasi saya adalah menggunakan kata-kata yang terkait secara semantik untuk membantu mesin pencari memahami lebih banyak tentang konten Anda.


Gunakan kata kunci utama Anda sekali di paragraf pertama dan sekali lagi di paragraf terakhir. Dan gunakan dalam konten yang masuk akal.


6. Meta Tag

Anda harus menambahkan deskripsi meta yang unik dan relevan dengan setiap posting blog.


Sekali lagi, Anda harus menggunakan kata kunci yang ditargetkan dalam deskripsi meta. Saya telah melihat banyak pendukung SEO bahwa deskripsi meta bukanlah faktor peringkat yang saya yakini tidak benar. Saya telah melihat hubungan yang hebat dengan deskripsi dan peringkat meta yang dioptimalkan.


Sementara mesin pencari mengambil kata kunci, penting juga bagi pengguna untuk mengklik posting. Anda perlu menulis deskripsi meta yang mudah digunakan yang masuk akal dan terkait dengan posting Anda.


Mengenai kata kunci meta, Google telah menjelaskan bahwa mereka tidak peduli dengan kata kunci tersebut. Tetapi beberapa mesin pencari, seperti Bing, mungkin masih sedikit peduli.


7. Gambar dengan teks Alt + Nama yang berarti

Optimalisasi gambar sangat membantu dalam mengarahkan lalu lintas dari pencarian gambar.


Kata kunci dalam "judul gambar" dan "teks alternatif" membantu membuat posting blog Anda lebih fokus dan bertarget.


Pastikan Anda memberi nama yang bermakna pada gambar sebelum mengunggah. Dan, setelah menambahkan gambar ke halaman atau artikel WordPress, tambahkan teks alternatif.


Keuntungan lain menggunakan gambar adalah :


Gambar menciptakan keterlibatan.


Dan semakin terlibat pengguna, semakin besar kemungkinan mereka akan bertahan, sehingga meningkatkan peringkat Anda secara keseluruhan.


Tapi ada satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.


Gambar besar akan memperlambat situs Anda, dan memiliki situs yang memuat lambat akan menurunkan peringkat Google Anda. Jadi sangat penting untuk:


  • Kompres gambar.

  • Gunakan plugin caching.

  • Gunakan CDN.


7. Jumlah Kata Per Posting

Posting blog yang tidak memiliki banyak kata biasanya tidak berkinerja baik di mesin pencari. Itu karena mereka biasanya dianggap “kurang informatif”.


Tentu saja, ada pengecualian, tetapi untuk blog berbasis informasi umum, membuat posting dengan setidaknya 1300 kata adalah standar baru.


Itu selalu lebih baik untuk diteliti dengan baik dan terlalu informatif daripada tidak memberikan informasi yang cukup. Ini terutama benar jika Anda menargetkan kata kunci yang sangat kompetitif.


Berikut adalah cara menemukan panjang kata menganggur untuk SEO ON halaman yang sempurna:


  • Kunjungi SEMRush

  • Buat akun, klik template konten SEO (Bilah sisi kiri)

  • Masukkan Kata Kunci target Anda, dan lokasi yang ingin Anda optimalkan.


Sekarang, pada halaman berikutnya, Anda akan menemukan batas kata menganggur untuk kata kunci target Anda, seperti ini:


Ini juga menunjukkan data lain seperti "Kata-kata yang terkait secara semantik" dan "Keterbacaan" dari 10 hasil pencarian teratas.


Ini adalah cara terbaik untuk menemukan batas kata untuk artikel yang Anda coba rangking.


Sekedar Saran : Analisis posting lain untuk kata kunci target Anda dan lihat berapa banyak kata yang mereka miliki.


Anda dapat menggunakan alat SEO On-page yang disebutkan di bawah ini untuk menganalisis 10 hasil pencarian teratas untuk kata kunci target Anda.


Meskipun tidak ada hitungan "resmi", posting yang lebih panjang cenderung memiliki peringkat yang lebih baik karena biasanya ada lebih banyak informasi di sana. Misalnya, posting ini lebih dari 1.800 kata.


8. Tambahkan Skema

Ini adalah teknik SEO On page yang kurang dimanfaatkan yang dapat Anda gunakan untuk mengungguli pesaing Anda. Dengan menambahkan Skema (Data terstruktur), Anda membantu mesin telusur lebih memahami konten Anda.


Misalnya, memiliki nomor telepon dan alamat email Anda di footer pasti berharga bagi pengunjung Anda, tetapi mesin pencari mungkin tidak memahaminya.


Dengan memanfaatkan skema, Anda memberi konteks pada relevansinya.


Contoh sederhana adalah peringkat bintang (review) yang Anda lihat di mesin pencari.


Skema dapat digunakan untuk artikel blog maupun di situs web bisnis.


Untuk WordPress, Anda dapat menggunakan plugin WP Review Pro atau Schema Pro yang memungkinkan Anda menambahkan jenis skema berikut dengan cepat:


Jika Anda tidak menggunakan WordPress, gunakan alat lain untuk menghasilkan markup Skema dan menambahkannya secara manual di halaman situs web Anda.


Skema FAQ adalah salah satu jenis skema terbaru, dan ini dapat membantu Anda meningkatkan peringkat konten Anda secara signifikan.


9. Tautan Internal

Tautan posting blog akan membantu pembaca blog Anda menghabiskan lebih banyak waktu di blog Anda, dan itu juga akan membantu memberikan peringkat halaman ke halaman lain di situs Anda.


Saat interlinking, cobalah untuk menggunakan kata kunci sebagai teks jangkar, tetapi berhati-hatilah untuk tidak berlebihan.


Tautan internal yang relevan dengan posting asli menunjukkan mesin pencari bahwa Anda memberikan informasi tambahan di luar apa yang ditampilkan dalam konten.


Kombinasi yang baik dari teks jangkar + tautan internal, akan membantu meneruskan tautan dari satu halaman ke halaman lainnya.


Ada beberapa plugin tautan internal populer yang tersedia untuk WordPress.


Seperti plugin Linkwhisper untuk mengelola tautan internal.


10. Tautan Eksternal

Selain menautkan ke posting blog Anda sendiri, adalah ide bagus untuk menautkan ke situs web eksternal juga. Sekali lagi, lakukan ini hanya jika informasi di situs web eksternal relevan dengan informasi di postingan Anda.


Saat menautkan ke situs web eksternal, Anda harus menautkan ke situs web tepercaya saja. Dan jika Anda ragu tentang otoritas atau popularitas situs web, Anda dapat menggunakan tag nofollow untuk menghindari meneruskan jus tautan Anda ke situs yang berpotensi buruk.


Sebaiknya gunakan link dofollow untuk website yang terpercaya dan link nofollow untuk yang kurang bisa dipercaya.


Tetapi di suatu tempat yang otoritatif seperti Wikipedia, atau CNN, atau pemain utama di niche Anda, tidak hanya dapat dipercaya, mereka kemungkinan akan memiliki konten relevan yang akan disukai pembaca Anda.


Ini akan membuat situs Anda tampak lebih kredibel.


11. Tulis Konten yang Menarik

Anda harus menulis konten yang menarik. Periode.


Jika Anda mencoba bertahan dengan konten berkualitas rendah dan mesin pencari "trik", Anda pasti akan gagal.


Posting Anda harus menjadi panduan lengkap untuk kata kunci tersebut. Anda harus belajar bagaimana melibatkan audiens Anda dengan cara yang sesuai untuk mereka. Coba ajukan pertanyaan kepada pembaca Anda dan jawablah. Pahami apa yang ingin mereka baca, lalu tulis itu.


Jika Anda tidak dapat menulis konten yang menarik, orang tidak akan menghabiskan banyak waktu di blog Anda, rasio pentalan Anda akan meningkat, dan peringkat Anda akan anjlok.


Daftar Periksa SEO Pada Halaman untuk tahun 2021 :

Berikut adalah daftar periksa yang dapat Anda gunakan untuk memastikan Anda melakukan segala kemungkinan untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari.


  • Kiat penempatan kata kunci:

  • Kata kunci dalam judul.

  • Kata kunci dalam tautan permanen.

  • Kata kunci dalam 100 kata pertama.

  • Kata kunci dalam tag alt gambar.

  • Gunakan kata kunci LSI di badan (gunakan SEMRush untuk menemukan kata kunci terkait).

  • Gunakan kata kunci LSI di H2 atau H3.

  • Faktor Peringkat SEO Pada Halaman 2021:

  • Hapus semua stopword dari permalink.

  • Tambahkan multimedia (video, slide, infografis).

  • Temukan batas kata menganggur menggunakan alat SEO On-Page yang disebutkan di atas.

  • Optimalkan gambar sebelum mengunggah (kompres dan ubah ukuran).

  • Optimalkan kecepatan memuat halaman.

  • Buat judul meta kurang dari 65 karakter.

  • Buat deskripsi meta kurang dari 158 karakter. (Ini adalah batas deskripsi meta baru untuk tahun 2021)

  • Tautan internal ke artikel terkait.

  • Tautan keluar ke situs berkualitas tinggi yang relevant.

  • Gunakan Skema FAQ


Hal-hal lain yang tidak disebutkan di sini :


  • Pastikan untuk menambahkan gambar untuk Facebook, Twitter, dll.

  • Pastikan untuk memiliki tombol berbagi sosial baik di akhir atau mengambang di situs posting Anda.

  • Memiliki posting terkait setelah setiap posting untuk menurunkan rasio pentalan.


Hal-hal yang tidak boleh dilakukan :


  • Jangan memasang lebih dari satu tag H1 (judul postingan Anda adalah H1).

  • Jangan ulangi tag H2 dan H3 yang sama. Baca tentang tag heading untuk SEO.

  • Jangan memasukkan kata kunci.


Hal-hal yang harus difokuskan :


  • Gunakan kata kunci Anda dalam judul posting.

  • Gunakan kata kunci ekor panjang.

  • Panjang konten: Itu harus didasarkan pada penelitian. Analisis panjang kata dari 10 hasil teratas untuk kueri Anda dan buat konten dengan kata yang sama atau lebih banyak daripada rata-rata 3 hasil teratas.

  • Di akhir posting blog, minta pengguna untuk mengambil tindakan.


Bagaimana Melakukan SEO On-Page yang Tepat dari Artikel apa pun

Jadi ini adalah 11 tips yang akan membantu membuat SEO on-page Anda jauh lebih baik dan lebih mungkin untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari.


Tetapi penting untuk diingat :


Anda tidak bisa menipu mesin pencari terlalu lama.


Hal-hal yang mendapat peringkat tertinggi adalah hal-hal yang paling informatif, paling menarik, dan paling bermanfaat.


Jadi berusahalah untuk membuat konten yang disukai pembaca, dan mesin pencari juga akan menyukai Anda.

Posting Komentar untuk " 11 Teknik SEO On-Page Untuk Peringkat Lebih Baik di Tahun 2021"