Cara Cepat Membangun Blog Baru from zero to Hero untuk Blogger Pemula"

Membuat blog itu tidaklah sulit, Anda bisa mulai dari yang gratisan terlebih dahulu. Misalnya menggunakan platform Blogger.com, WordPress.com, Medium atau Tumblr.
Inti dari blogging adalah menulis, jadi selama Anda bisa menumpahkan pikiran Anda ke dalam bentuk tulisan secara rutin – tak peduli di manapun platformnya, Anda sudah bisa disebut sebagai seorang blogger.

Tapi jika Anda berniat menjadikan blogger sebagai profesi. Anda butuh lebih dari sekadar menulis, karena Anda harus mendapatkan pemasukan dari sana, betul bukan? Anda harus bisa menjadikan blog sebagai aset dan tulisan sebagai produk yang dijual kepada pengunjung. Kemudian memonetisasi lalu lintas pengunjung tersebut menjadi pendapatan.

Proses untuk sampai ke “mendapatkan uang dari blog” sangatlah panjang dan berliku. Sebelum sampai ke sana, Anda wajib mengetahui apa saja yang dibutuhkan, cara kerjanya, bagaimana memulai, dan apa yang harus dilakukan setelah blog pertama Anda jadi.

Apa itu Blog?

Sebelum masuk ke pokok bahasan, ada baiknya kita bahas sedikit apa sih blog sebenarnya.
blog adalah wadah untuk menyebarkan berbagai informasi berupa tulisan yang meliputi opini, jurnal, analisis data digital, statistik dan tulisan lainnya ke dunia maya secara luas dan berkesinambungan. Cakupan kontennya tidak terbatas, bisa berupa teks, gambar, video maupun format grafis yang rumit sekalipun. Artikel-artikel yang diterbitkan akan dibaca dan dinikmati pengunjung sehingga terjadilah pertukaran informasi secara digital yang murah dan mudah. Blog bisa diakses dari ponsel menggunakan koneksi data. Blog umumnya bersifat gratis, terbuka dan mencakup relung topik spesifik hingga umum.

Selanjutnya Apa?

Setelah blog saya jadi, apa sih langkah selanjutnya agar blog dibanjiri traffic (pengunjung), dikenal atau dibaca dan mendatangkan pemasukan bagi yang ingin mengarah ke tahap ini nantinya?

Pertama-tama, hilangkan dulu pemikiran Anda soal uang. Sebab, untuk sampai ke sana, ada proses panjang yang tidak hanya butuh tenaga, tapi juga totalitas pengorbanan, mulai dari waktu, pikiran, dan juga uang (setidaknya jika menggunakan hosting pribadi).

Fokus dulu pada target-target jangka pendek, di antaranya menuntaskan 20 dari 21 langkah lanjutan setelah blog Anda mengudara di dunia maya. Selesaikan satu per satu, baru kemudian Anda boleh bicara soal monetisasi.

Lengkapi Navigasi Blog
Terlepas dari platform apa yang Anda pergunakan, navigasi adalah elemen paling penting. Navigasi terdiri dari menu-menu yang wajib ada di sebuah blog. Antara lain, halaman profil blog, syarat dan ketentuan pengguna, kontak, kebijakan privasi dan kategori-kategori yang nantinya berisikan kumpulan artikel dengan topik tertentu.

Mengapa navigasi yang baik penting bagi blog?

Ada beberapa alasan:

Navigasi yang baik meningkatkan durasi kunjungan dan menekan angka bounce rate. Bounce rate ini semacam tolak ukur berapa persentase pengguna yang masuk ke blog kemudian langsung keluar tanpa mengklik tautan berikutnya. Dan biasanya relatif dalam hitungan detik.

Navigasi yang baik juga membantu pengunjung untuk memahami hirarki blog, membedakan isi dan menemukan apa yang mereka butuhkan.

Efek posisi juga penting, karena dalam pendekatan Serial Position Effect, orang justru kurang memperhatikan bagian tubuh dari sebuah halaman web. Melainkan lebih memperhatikan dan mempertahankan informasi yang muncul di awal dan akhir. Navigasi akan menjadi tujuan pertama saat pengunjung butuh informasi secara spesifik.

Tulislah Artikel Pertama
Kalau di WordPress, Anda akan menjumpai sebuah tulisan bawaan yang diberi judul Hello World!. Saat blog pertama Anda jadi, sebaiknya hapus posting-an itu dan ganti dengan tulisan pertama Anda. Untuk permulaan, Anda boleh memperkenalkan diri siapa Anda, kemudian blog akan bercerita tentang apa, mengapa membuat blog dan lain sebagainya. Meski terkesan sepele, percayalah suatu hari nanti tulisan sederhana ini akan terasa sangat berharga untuk dilupakan.

Perbaiki Tampilan
Banyak pengguna pemula terjebak pada stgima bahwa blog harus tampil cantik, banyak fitur, ada slider-nya, banyak warna, dipenuhi gambar-gambar, video di sidebar dan sebagainya. Padahal, hal-hal semacam itu tidak serta merta membuat pengunjung merasa nyaman. Yang terpenting sebenarnya bagaimana agar blog berjalan dengan cepat dan mulus di perangkat pengguna. Apalagi sekarang ini orang sudah mulai beranjak dari desktop ke mobile, fitur-fitur aneh seperti yang saya sebutkan di atas tadi tidak akan tampil semua di peramban mobile. Jika pun tampil, justru akan membuat loading halaman menjadi berat.

Itu sebabnya Google kini mulai memberikan peringkat yang lebih baik kepada situs yang memiliki loading lebih cepat dan yang memberikan dukungan kepada perangkat mobile.

Jadi, pasanglah tema yang sederhana dan responsive tapi tetap menarik untuk dipandang. Kurangi elemen-elemen penghias yang tidak penting. Fokus pada kecepatan, kemudahan akses dan navigasi. Untuk memeriksa seberapa cepat blog Anda, silahkan tes di tautan ini atau ini.

Pasang Plugin Seperlunya
Jika Anda memilih menggunakan domain dan hosting berbayar, dan cms pilihannya adalah WordPress, langkah ini wajib dilakukan. Adapun plugin yang saya sarankan, antara lain:

AIO SEO Plugin: Gunanya untuk memanipulasi titletag, deskripsi artikel, keyword, dan lain sebagainya.

Google XML Sitemap: Plugin yang membantu membuat halaman sitemap untuk didaftarkan ke Google Search Console (ini diperlukan di tahapan berikutnya).

W3 Total Cache: Membantu mempercepat loadingblog.

Jetpack: Berisikan kumpulan plugin multi fungsi, ada untuk statistik, ikon media sosial, tombol berbagi, dan lain-lain.

Akismet: Plugin yang membantu menyaring komentar spam.

iThemes Security: jika takut dengan serangan hacker, plugin bisa membantu mengamankan blog.

Logo dan Favicon
Yang tak kalah penting buatlah logo untuk headerblog Anda. Seperti apa bentuknya, bebas. Saya serahkan bagaimana rupa desain logo kepada Anda, silahkan bikin sesuai selera. Jika kesulitan, Anda juga boleh menyewa jasa seseorang yang mempunyai kemampuan untuk membuat logo. Anda bisa membayar teman kuliah, kerja atau keluarga. Atau menemukan jasa desain di forum dan media sosial.

Buat Email Khusus
Berikutnya, buatlah akun email khusus yang terpisah dari akun pribadi Anda. Gunanya untuk apa? Banyak. Email ini nantinya bisa untuk mendaftar akun jejaring sosial yang akan jadi tahapan setelah ini, untuk kontak iklan di masa mendatang, dan lain-lain.

Buatlah Formulir Newsletter
Newsletter atau mailing list bisa menjadi aset yang berharga di masa mendatang. Selain sebagai sumber traffic loyal, mereka bisa menjadi ladang untuk menawarkan produk atau jasa di kemudian hari.

Untuk membuat formulir pendaftaran newsletter, Anda bisa menggunakan layanan Aweber, Mailchimp atau Getresponse.

Buatlah Fan Page dan Akun Media Sosial
Langkah berikutnya, buatlah fan page Facebook untuk blog Anda, kemudian buat juga akun Twitter dan YouTube. Fungsinya apa? Agar blog Anda semakin mudah dikenali, semakin mudah diingat dan tentu saja menjangkau pengunjung yang lebih luas.

Apakah Social Signal semacam ini bagus untuk SEO?

Google sudah menegaskan bahwa popularitas blog di media sosial tidak menjadi tolak ukur peringkat di mata mesin pencari. Tapi, tujuan dari eksistensi blog di media sosial adalah untuk membangun branding dan mengarahkan pengunjung yang valid. Jadi, jangan kaitkan jumlah like dan share di jejaring sosial dengan posisi blog Anda di mesin pencari.

Submit Blog ke Google Search Console atau Webmaster Tool
Google Search Console – dulunya Google Webmaster Tool adalah sebuah alat, dan jika Anda berniat menjadi seorang blogger yang serius, Anda harus mulai mengenal dan mempelajari dalamannya.

Dari perspektif SEO, Google Search Console adalah bodyguard sekaligus analis pribadi Anda, karena ia memberikan informasi yang lengkap tentang bagaimana fungsi situs Anda di mesin pencari Google, bagaimana jumlah tautan balik (backlink) dan efeknya, bagaimana keamanan blog, bagaimana reputasinya, jumlah indeks, dan lain-lain.

Daftarkan Situs ke Google Analytic
Layanan yang juga milik Google ini adalah alat untuk melacak dan mencatat lalu lintas di blog Anda, meliputi jumlah kunjungan unik, jumlah pageview, demografi pengunjung, tulisan paling populer, dan perilaku lain misalnya berapa lama pengunjung membaca blog Anda, berapa yang langsung keluar (bouncerate) dan indikator lainnya. Informasi-informasi ini penting karena dengannya Anda dapat menganalisa masalah dan membuat keputusan-keputusan terkait editorial dan lain sebagainya.

Bagikan Tautan Blog ke Media Sosial Pribadi dan Blog
Selanjutnya, setelah langkah-langkah di atas Anda lewati. Sekarang, saatnya memperkenalkan blog ke teman dan kolega. Bagikan tautan halaman utama ke akun jejaring sosial Anda, atau boleh juga sekalian tautan tulisan pertama yang sudah Anda buat di salah satu langkah di atas tadi. Tujuannya agar orang mulai mengenali blog, dengan harapan nantinya menjadi pembaca setia.

Mempelajari Riset Kata Kunci
Tahap berikutnya, pelajari secara bertahap bagaimana cara menemukan topik yang sedang populer dan bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Menganalisa kata kunci yang populer sama saja dengan mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Anda tentu tak ingin kan, capek-capek menulis artikel ribuan kata, tapi ternyata yang mencari hanya segelintir orang? Supaya itu tidak terjadi, Anda harus mengetahui dulu kata kunci apa yang paling banyak dicari di mesin pencari.


Pelajari Apa itu SEO
Tahapan ini sangat penting karena akan menjadi pondasi pemahaman Anda terkait Search Engine Optimization. Tak perlu buru-buru, pelajari dahulu yang menurut Anda paling mudah dipahami. Misalnya, pemahaman soal SEO on page. Soal bagaimana agar tulisan ramah bagi mesin pencari dan tidak membuat pengunjung bosan. 


Tulis Artikel Kedua
Setelah paham cara riset kata kunci dan bagaimana artikel yang SEO Friendly, sekarang saatnya menulis artikel kedua dan seterusnya. Untuk masalah ini, saya tidak ingin membebani Anda dengan keharusan menulis setiap hari. Yang terpenting adalah kualitas tulisan. Jika Anda ingin menang dalam persaingan, artikel tulisan Anda harus menawarkan nilai yang lebih dari artikel blogger lain.

Rekomendasi terbaik saat ini minimal 1000 kata dengan ulasan yang mendalam.

Semoga bermanfaat !!

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Membangun Blog Baru from zero to Hero untuk Blogger Pemula""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel